Jabodetabek
0811328028
mail@aqeqah.com

Contoh Susunan Acara Syukuran Aqiqah

Layanan Aqiqah Terbaik Keluarga Indonesia

Created with Sketch.

Contoh Susunan Acara Syukuran Aqiqah

majlis aqiqah
majlis aqiqah
acara syukuran majlis aqiqah

Ingin menyelenggarakan acara aqiqahan (potong rambut anak) namun bingung seperti apa susunan acaranya dan bagaimana prosesnya, berikut kami sajikan rangkuman susunan acara yang sering dilaksanakan keluarga pada acara aqiqah.

  1. Pembukaan. Pembawa acara atau MC membuka acara dengan mengucapkan salam dan membaca “Basmallah” Bismillahirrahmanirrahiim.
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran atau Kalam Ilahi. Membaca surat Lukman dari ayat 13-18 oleh Ayah anak yang beraqiqah atau diwakilkan.
  3. Sambutan dari tuan rumah, untuk menyampaikan maksud dan tujuan acara tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para undangan.
  4. Pencukuran rambut bayi/anak secara simbolik dan diikuti pengesahan nama anak.
  5. Tausiyah tentang hikmah dan sunnahnya ber-aqiqah.
  6. Do’a penutup.
  7. Setelah selesai acara lalu para undangan dipersilahkan mencicipi hidangan prasmanan atau bila disajikan dalam bentuk nasi box.

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) untuk Tasyakuran Aqiqah

Assalamualaikum,wr,wb…

Bapak, ibu dan para tamu undangan yang kami hormati.
Pertama – tama mari kita sampaikan puja dan puji syukur kehadirat Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى, atas rohmat, hidayat yang dilimpahkan

kepada kita semua, sehingga pada siang yang penuh dengan kebahagiaan ini kita bisa hadir memenuhi undangan dari bapak Abdullah sekeluarga dalam rangka syukuran akan lahirnya putra yang kedua, buah hati dari pasangan bapak Abdullah dan ibu Nur Ismi (ganti dengan nama orangtua yang mengaqiqahkan anaknya).

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. yang telah memberikan bimbingan ajaran agama Islam. sehingga kita dapat mengetahui mana perkara yang haq dan mana perkara yang bathil.
 
Kami atas nama keluarga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bpk/Ibu/Saudara/i sekalian yang dapat menyempatkan waktunya untuk ikut merasakan tasyakuran aqiqah putra/putri yang pertama dari bapak Abdullah yang telah diberi nama “Abdul Hakim” (ganti dengan nama anak yang beraqiqah). Semoga atas kehadiran para undangan dibalas oleh Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى. Amiin ya robbal ‘alamin.
 
Hadirin yang saya hormati langsung saja kami bacakan susunan acara pada kesempatan ini. susunan acara selengkapnya adalah sebagai berikut (susunan acara dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik hajat):
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran
  3. Sambutan
  4. Pencukuran rambut
  5. Tausiyah
  6. Do’a
Pertama mari kita buka acara ini dengan mengucapkan basmallah ” بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ“. Masuk ke bagian kedua pembacaan ayat suci alquran yang dibacakan oleh ananda/adinda (nama yang baca alquran), yang akan membacakan surat … ayat…, kami persilahkan tempat dan waktunya.
 
Selanjutnya rangkaian acara ketiga sambutan dari shohibul hajat (orangtua/perwakilan dari pemilik acara). Beranjak ke acara selanjutnya yaitu Tausiyah yang akan disampaikan oleh ustadz Muhammad Abu Zein. kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan. (setelah selesai tausiyah)
 
Semoga apa yang disampaikan tadi bermanfaat khususnya bagi keluarga Bpk Abdullah, dan umumnya bagi kita semua, kepada ustadz kami ucapkan terima kasih.
 
Acara terakhir sebagai penutup acara pembacaan do’a, do’a akan dibacakan oleh Habib Zubaer, sekiranya para undangan untuk mengadah tangan dan mengaminkannya. Waktu dan tempat kami persilahkan.
 
Alhamdulillah, hadirin sekalian yang berbahagia rangkaian acara telah usai kita lewati bersama, maka tibalah kami mempersilahkan para tamu untuk menyantap hidangan yang tersedia.
wassalamualaikum, wr,wb

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *