Jabodetabek
0811328028
mail@aqeqah.com

Keutamaan dan Pahala Orang Bersedekah

Layanan Aqiqah Terbaik Keluarga Indonesia

Created with Sketch.

Keutamaan dan Pahala Orang Bersedekah

Ada banyak ayat yang menjelaskan tentang keutamaan sedekah diantaranya adalah surah dalam Alquran Al-Hadid ayat ke 18:

ayat Alquran tentang keutamaan sedekah

ayat Alquran tentang keutamaan sedekah

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.

Dilain ayat :

Allah azza wajalla berfirman: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui.” (Al Baqarah, ayat 261)

Banyak juga hadits yang menjelaskan keutamaan sedekah, di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh ad-Daruquthni dari Anas radhiallahu ‘anhu Bahwa Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda kepada Zubair bin al-Awwam: “Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ada di Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, niscaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya.”

Bersedekah, bukan membuat kurang tapi menjadi banyak

“Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dikembangbiakkan oleh-Nya seperti gunung, maka bersedekahlah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Harta itu tidak akan kurang dengan disedekahkan.” (HR. Imam Muslim).

Sedekah Dapat Menghindari Musibah/Keburukan

Dari Ali bin Abi Thalib r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi (mendahului) sedekah.” (Razin, Misykât). Ali berkata: ”Pancinglah rezeki dengan sedekah.”

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (Muttafaq ‘Alaih dari Abu Hurairah).

Sedekah Menghapus Dosa

“Seorang wanita pezina diampuni dosanya karena memberi minum seekor anjing yang sedang kehausan.” (HR. Muttafaq ‘Alaih).

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR Tirmidzi).

Ada 5 (lima) macam pahala orang yang bersedekah** :

قَالَ اْلاِمَامُ جَلَالُ الدِّينْ عَبدُالرَّحْمَنْ اَلسُّيُوطِي : أَنَّ ثَوَابَ الصَّدَقَةِ خَمْسَةُ أَنْوَاعٍ: فَوَاحِدَةٌ بِعَشْرَةٍ وَهِيَ علَىَ صَحِيْحِ الْجِسْمِ، وَوَاحِدَةٌ بتِسْعِيْنَ وَهِيَ عَلىَ الَاعْمَى وَالْمُبْتَلَي، وَوَاحِدَةٌ بِتِسْعِمِائَةٍ وَهِيَ عَلَى ذِيْ قَرَابَةٍ مُحْتَاجٍ، وَوَاحِدَةٌ بِمِائَةِ أَلْفٍ وَهِيَ عََلى الَابَوَيْنِ، وَوَاحِدَةٌ بِتِسْعِمِائَةِ أَلْفٍ وَهِيَ عَلى عَالِمٍ أَوْ فَقِيْهٍ.

Al-Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi radhiallahu ‘anhu berkata: Sesungguhnya pahala shodaqoh ada lima macam:

  1. Memberi satu sama dengan memberi 10, yaitu shodaqoh kepada orang yang sehat.
  2. Memberi satu sama dengan memberi 90, yaitu shodaqoh kepada orang yang buta dan orang yang kena musibah.
  3. Memberi satu sama dengan memberi 900, yaitu shodaqoh kepada kerabatnya yang sedang membutuhkan.
  4. Memberi satu sama dengan memberi 100.000, yaitu shodaqoh kepada kedua orangtuanya.
  5. Memberi satu sama dengan memberi 900.000, yaitu shodaqoh kepada orang alim dan orang faqih (orang yang faham ilmu agama )

**Sumber : Pengajian yang disampaikan oleh KH MAFTUH Pengasuh PP MMQ Lirboyo. (www.fiqhmenjawab.net/2016/04/5-macam-pahala-sedekah)

 

3 Responses

  1. Thanks, great article.

  2. Thanks for sharing your article, good!
    pallet plastik bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *